Home » » Taman Wisata Air Panas Guci Tegal

Taman Wisata Air Panas Guci Tegal

Taman Wisata Air Panas Guci Tegal tepat berada di lereng Gunung Slamet yang memiliki ketinggian sekitar 1500 mdpl. Untuk menuju ke tempat wisata ini hanya membutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan dari kota Tegal Bahari.

Tegal adalah salah satu kota yang berada di Jawa Tengah dengan kesenian dan budaya yang cukup pesat perkembangannya seperti tari endel, sintren, dan balo-balo. Selain kesenian terdapat juga kuliner kota Tegal yaitu teh poci yang menjadi salah satu ciri khas kota Tegal. Tak heran jika kota Tegal seringkali dikunjungi oleh budayawan nasional maupun lokal.

Taman Wisata Air Panas Guci Tegal
sumber gambar wordpress.com

Taman Wisata Air Panas Guci Tegal


Ada pun beberapa air terjun di kawasan Guci ini, salah ialah Air Terjun Jedor, yang mana air terjun ini cukup populer. Dulunya air terjun ini dimiliki oleh seorang luring yang bernama Jedor, sehingga tak heran jika air terjun ini dikenal sebagai Air Terjun Jedor.

Suasananya tidak jauh dari pemandian air panas Ciater, yang mana air yang mengalir begitu jernih dan terdapat kabut putih yaitu uap air yang muncul di permukaan. Meskipun udara di pegunungan tentunya sangatlah dingin, namun air panas yang dihasilkan cukup membuat hangat suasana.

Di Taman Wisata Air Panas Guci Tegal ini Anda juga dapat menyewa villa yang cukup nyaman untuk Anda dan keluarga. Yang mana villa di sini sederhana namun memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tentu harganya juga menyesuaikan.

Ada pula yang mengatakan Air Panas Guci ini adalah berkah dari Walisongo kepada utusan mereka karena telah menyebarkan ajaran Islam ke sekitar Tegal. Namun menurut kepercayaan masyarakat setempat, air itu konon hanya mengalir di waktu-waktu tertentu, terutama pada saat jumat kliwon.

Bahkan sebagian besar warga mengatakan bahwa jika Anda mandi di pemandian air panas ini akan menyembuhkan beberapa penyakit dan membuat Anda lebih awet muda.


Sumber Taman Wisata Air Panas Guci Tegal: Wisatasiana